Copyright 2019 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Konten

Fikes UMP Berkompetensi dalam Penanganan Gawat Darurat

Pelayanan gawat darurat merupakan pelayanan dengan memberikan tindakan cepat dan tepat pada seseorang (red: pasien) untuk meminimalkan terjadinya kematian. Maka setiap petugas kesehatan harus memiliki kemampuan dalam penanggulangan kegawat daruratan.  

 

 

Melalui Prodi Keperawatan DIII Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang bekerjasama dengan Yayasan Ambulance Gawat Darurat 118 Jakarta mengadakan seminar dengan judul “Training Basic Trauma dan Cardiac Life Support (BT&CLS)” di Ruang Kelas Z.09 dan Z.10 Kampus 2 UMP pada Selasa-Sabtu (31-4/7/2018).

 

Pada sesi pertama, pelatihan berfokus pada pemaparan materi dasar yang di antaranya membahas Mengenai Manajemen dan teknis sistem penanggulangan penderita gawat daruratan secara terpadu (SPGDT), airway breathing, circulation, initial assesment, pemeriksaan elektrokardiogram (EKG) dan aritmia. Sedangkan materi kegawat daruratan lainnya diteruskan pada kesempaatan hari selanjutnya.

 

Menurut penuturan Wakil Dekan 1 Bidang Akademik, Ns. Endiyono, S.Kep., M.Kep., mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa  dalam penanganan pasien gawat darurat . Pengetahuan dan keterampilan tersebut dapat menjadi bekal saat terjun di dunia medis.

 

“Pelatihan BT&CLS ini tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa Fikes UMP di bidang penanganan kegawat daruratan yang sering ditemui dan sayangnya masih belum benar cara penangananterutama di kalangan masyarakat awam”, katanya.

 

Salah satu Instruktur, Juli Andri, S.Kep., Ns., mengatakan bahwa penting bagi mahasiwa untuk mengikuti BT&CLS. Dikarenakan  hasil dari pelatihan tersebut akan sangat membantu dalam menjalankan perannya sebagai tenaga medis. “Di sektor-sektor instansi pemerintah, rumah sakit, dan swasta sangat memerlukan lullusan perguruann tinggi yang salah satunya telah memperoleh pelatihan BT&CLS tersebut,” paparnya.

 

Juli juga mengakui bahwa  setelah lulus di tahun 2015, ia merasakkan manfaat dari pelatihan BT&CLS saat ia bekerja di Yayasan Ambulance Gawat Darurat 118. “Saya merasakan manfaat nyata bahwa pelatihan BT&CLS sangat berguna untuk melamar pekerjaan sebab saat ini masih jarang pelatihan-pelatihan penangangan kegawat daruratan”, jelasnya.

Lebih lanjut , Ia mengungkapkan bahwa lulusan dari Fikes UMP lebih berkompetan dan dapat bersaing di ranah media. “Dengan berbagai kompetensi dan program-program unggulan, Fikes UMP mampu mencetak alumni yang berkompeten dan siap bersaing di dunia kerja”, pungkasnya. (Agp/ Sls

 

Lowongan Kerja

f t g m

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239