Copyright 2019 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Konten

Fakultaria Beranda / Fakultaria FIKES UMP Dorong Kreatifitas Mahasiswa Melalui Lomba Karya Ilmiah Berbasis Inovasi Teknologi Keperawatan

FIKES UMP Dorong Kreatifitas Mahasiswa Melalui Lomba Karya Ilmiah Berbasis Inovasi Teknologi Keperawatan

Kehadiran teknologi informasi dengan fitur-fitur yang up to date sangat dibutuhkan tak terkecuali dalam bidang ilmu kesehatan. hal ini terbukti semakin banyaknya aplikasi-aplikasi yang menawarkan fitur-fitur tentang kesehatan, seperti aplikasi HaloDoc, Tanyadok, dan sebagainya.

 

Aplikasi kesehatan yang saat ini berkembang dimasyarakat sangat bervariatif dan sangat membantu masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih efektif dan efisien. Oleh karenanya Prodi KeperawatanFakultas Kesehatan Universirtas Muhammadiyah Purwokerto (Fikes UMP) mengadakan lomba karya ilmiah aplikasi kesehatan pada 11/5/2018 di Aula A.K Anshari, Gedung Rektorat.

Ns. Ike Puspita Ningrum, M.Kep Ketua Panitia Penyelenggara menuturkan bahwa kegiatan lomba tersebut sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Teknologi Informasi Kesehatan (TIK). Namun melihat  adanya peluang yang bisa dikembangkan dari ide-ide mahasiswa tersebut dalam membuat aplikasi kesehatan, sehingga perlu adanya media atau wadah agar karya mahasiswa tersebut dapat dipubikasi dan mendapat apresiasi yang lebih bukan sekedar sebagai pemenuhan tugas mata kuliah saja.

“Dengan pertimbangan berbagai hal dan saran dari berbagai pihak akhirnya kami memutuskan untuk mengadakan perlombaan untuk mahasiswa kami, selain itu juga karena animo serta ide-ide dari mahasiswa ini cukup unik dan bagus kami akhirnya menyertakan kegiatan lomba tersebut bersamaan dengan seminar yang diadakan oleh Fakultas pada hari ini”, tuturnya.

Ide lomba tersebut adalah sebagai bentuk media atau wadah bagi mahasiswa untuk dapat menunjukan hasil pemikiran dan karya ilmiah pada khalayak umum. Selain itu juga lomba ini diselenggarakan untuk mengapresiasi kerja keras mahasiswa dalam membuat karya ilmiah, sehingga memberikan semangat tersendiri dalam membuat aplikasi berbasis kesehatan.

“Dalam proses pembuatanya mahasiswa tidak asal bikin tetapi kita ada tim pendamping yang terdiri dari dosen-dosen yang berkompeten dan juga pendampingan tersebut sudah cukup lama kurang lebih 4 bulan”, jelasnya.

Lebih lanjut Ike mangatakan bahwatujuan dari lomba tersebut adalah untuk menunjang keunggulan Prodi Keperawatan S1, membuka wawasan, menumbuhkan kreativitas dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam bidang teknologi infomasi keperawatan yang modern. Hal tersebut karena sesuai dengan  visi dan misi UMP, serta menjadi bahan evaluasi proses belajar mengajar baik bagi dosen maupun mahasiswa.

Kategori yang menjadi bahan penilaian lomba tesebut cukup bervariatif. Mulai dari keoriginalitas produk apalikasi, ide atau gagasan, pemilihan tema, tujuan pembuatan, manfaat, fitur-fitur yang disediakan. Lomba ini diikuti oleh 24 tim yang setiap tim itu membuat satu projek sehingga bukan hanya aplikasi saja melainkan kita ada juga yang berbasis game dan juga website kesehatan.

“Dalam lomba tersebut kita menghadirkan dua juri yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing yaitu Ns. Sri Suparti, M.Kep, dan juga Dedi Purwito, Ph.D. dari semua peserta kita mengambil 5 kategori juga yaitu juara 1,2,3, harapan dan juara favorit.”

Diakhir lomba telah terpilih limakategori juara yakni projek E-Care, Talking Nurse, Sehat TB, dan KKC. Yang masing-masing dengan ide dan tujuan yang bermacam-macam fitur, fungsi dan keunggulan yang disediakan. (agp/sls)

Lowongan Kerja

f t g m

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239