Copyright 2019 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Konten

Seminar Keperawatan di Era Digital

 

Seminar Keperawatan di Era Digital

 

Pembelajaran di Perguruan Tinggi harus dapat mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang kini telah berkembang dengan pesat dalam era revolusi industri 4.0. Demikian sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Dr.Anjar Nugroho, M.Si., M.H.I yang sekaligus membuka acara Seminar dan Pameran Karya Inovasi Teknologi Informasi Keperawatan di Aula AK Anshori (Jumat, 11/05/2018 ).

 

 

Dalam sambutannyaiamenegaskan bahwa tema yang diambil dalam seminar sangat relevan dengan perkembangan zaman. “Seminar dengan tema Teknologi Informasi di Era Digital ini bagus sekali karena kemajuan teknologi informasi sangat cepat berkembang dan terkadang kita tidak bisa memanfaatkan dengan maksimal. Diharapkan setelah seminar ini kita bisa memanfaatkan teknologi dengan maksimal dan dengan kecerdasan ilmu pengetahuan,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Ns. Ike Puspitaningrum, M.Kep mengatakan acara ini bertujuan untuk untuk memfasilitasi peserta seminar dalam menambah wawasan dalam bidang teknologi informasi kesehatan serta untuk menumbuhkan kreatifitas mahasiswa keperawatan, perawat maupun dosen keperawatan dalam berinovasi dibidang teknologi informasi keperawatan.

 

Seminar yang diselenggarakan oleh Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) ini dihadiri oleh peserta Perawat, Dosen Keperawatan, dan Mahasiswa baik mahasiswa dari UMP maupun luar UMP.

 

Seminar yang mengambil tema : m-Health Sebagai Solusi Informasi Kesehatan Di Era Digital,  menghadirkan empat pembicara yaitu, Dr. Meidiana Dwidiyanti, M.Sc yang mengulas tentang pengembangan dan penggunaan aplikasi smartphone untuk memberikan asuhan keperawatan yang lebih berkualitas kepada pasien. Pembicara kedua, Dr. Rr. Sri Endang Pujiastuti,SKM.,MNS menyampaikan tentang aspek etik dalam teknologi informasi kesehatan, khususnya dalam bidang ilmu keperawatan.

 

Pada sesi kedua, pembicara ketiga Ns. Reza Indra Wiguna, M.Kep membuat peserta seminar semakin antusias dengan tema pemanfaatan aplikasi berbasis android dalam penelitian di bidang keperawatan. Tidak kalah menariknya tema yang disampaikan pembicara keempat, Ns. Dayat Trihadi, M.Kep., Sp.Kep.J yang mengulas tentang implikasi teknologi informasi dalam keselamatan pasien.

 

Dalam presentasinya Dr. Meidiana Dwidiyanti mengatakan,  memasuki era industri 4.0 sudah menggunakan alat elektronik yang canggih.

 

“Pada tahun sekarang kita sudah memasuki generasi Industri 4.0 dimana semua hal dilakukan dengan teknologi canggih dan semua orang bisa mengakses informasi tanpa batas, kita harus pandai memanfaatkan hal semacam ini dengan membuat berbagai terobosan baru  di bidang keperawatan misalnya dengan membuat aplikasi android yang didalamnya berisi konten positif dan menambah wawasan, serta dapat menolong pasien. Pasien bahagia bisa sembuh, perawat juga bahagia bisa menolong”, pungkasnya.(ar/tgr)

Lowongan Kerja

f t g m

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239